Kamis, 28 Maret 2013

Liburan ke Kota Yogyakarta


Nama        : Dede Anggriawan
NPM          : 11110736
Kelas        : 3KA11
Tugas Bahasa Indonesia #Softskill


Liburan ke Kota Yogyakarta

Hari itu dimana jadwal perkuliahan masih padat, tugas yang semakin hari semakin menumpuk membuat hati saya menjadi jenuh dengan semua kegiatan kampus sudah tidak bisa dipungkiri lagi emang sudah tugas dari seorang mahasiswa seperti itu, kuliah emang butuh perjuangan yang panjang demi sebuah prestasi dan gelar sarjana. Dari situ muncul niat saya dalam hati untuk mancari cara bagaimana bisa menemukan hal baru diluar sana yang bisa membantu untuk menghilangkan rasa kejenuhan yang selama ini dirasakan disaat perkuliahan lagi padat. Setelah cukup lama memikirkan akan kemanakah tujuan saat liburan nanti dan akhirnya pada saat itu ide muncul dengan sendirinya ingin berlibur ke kota pelajar yakni jogja. Liburan saya kali ini bersama teman baik saya sekaligus teman satu kelas di tempat dimana saya kuliah. Dengan berjalannya waktu, tiba di saat libur perkuliahan dimulai keesokan harinya dengan persiapan yang matang dan lengkap perjalanan liburan kali ini dimulai juga. Pagi itu dengan senyum semangat perjalanan dimulai dari rumah menuju stasiun kereta api senen, Jakarta Pusat. Tiba di stasiun saya dan teman saya langsung bergegas pergi keantrian pembelian tiket untuk memesan tiket kereta api yang bertujuan ke kota Jogjakarta, saya dan teman saya hanya memesan tiket kereta kelas ekonomi memaklumi kami hanya seorang mahasiswa yang belum berpenghasilan jadi wajar saja hanya menaiki kereta kelas ekonomi pada dasarnya niat berlibur apa aja pasti dilakuin yang terpenting dalam hal positif. Setelah melakukan pembelian tiket kami menunggu jam keberangkatan kereta pada saat itu jam keberangkatan kereta jam 9 malam jadi mau tidak mau harus bersabar menunggu, setelah menunggu berjam-jam akhirnya kereta datang juga dan saya pun menaiki kereta menuju jogja tidak lupa saya berdoa agar diberi keselamatan selama diperjalanan menuju jogja. Selama diperjalanan menuju jogja banyak hal yang saya temui dari suasana gerbong yang sangat sempit, gerah dan penat namun semua itu tidak terlalu dipermasalahkan karena apa yang kita inginkan itu tidak semuanya berjalan mulus seperti kata pepatah “bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian”. Perjalanan yang cukup melelahkan setelah 7 jam berada di gerbong kereta akhirnya sampai juga di stasiun lempuyangan jogja disaat itu perasaan hati tiba-tiba senang sekali seolah mendapatkan kehidupan baru.

        Hal pertama yang saya lakukan setelah menginjakkan kaki di kota jogja tidak lupa saya mengucapkan Alhamdulillah, berterima kasih kepada Allah yang telah memberikan kami keselamatan dalam perjalanan menuju jogja. Untungnya saat sampai dijogja itu masih jam 8 pagi sehingga transport masih mudah didapatkan. Disaat itu saya menghubungi teman saya yang ada dijogja untuk menjemput saya ditempat dimana kami telah setujui untuk bertemu, teman saya yang berada dijogja memang sudah saya kenal sejak kecil berhubung dia kuliah dijogja saya main ketempat kediaman yakni kos-kosan dia untung-untung mencari tempat istirahat sekaligus kediaman saya selama saya berlibur di jogja, disitu saya merasa beruntung memiliki teman yang baik hati menawarkan saya tempat tinggal bersama dia hal ini juga membantu saya dalam hal keuangan tidak harus menyewa hotel atau pun penginapan lainnya. Setelah sekian lama saya tidak bertemu dengan teman saya yang ada dijogja sekalinya saya bertemu dia saya sangat senang sekali masih diberi kesempatan untuk bisa bertemu dengan dia. Teman saya yang berada di jogja langsung membawa saya dan teman saya dari Jakarta menuju kosannya yang terletak tidak jauh dari universitas yang dimana dia kuliah disitu juga. Hari dimana kami baru sampai dikosan kami berniat untuk beristirahat sejenak meluruskan tulang-tulang yang serasa kaku disaat perjalanan tadi. Tidak terasa waktu semakin cepat berputar  matahari sudah ingin tenggelam, kami langsung bergegas mandi dan pada saat itu saya dan beberapa teman saya berniat untuk menikmati malamnya jogja di jalan malioboro, siapa yang tidak menganal jalan malioboro yang berada di kota jogja. Jalan malioboro merupakan ikon yang sangat melambangkan kota Jogjakarta setiap orang yang berkunjung ke jogja pasti tidak lupa menyempatkan waktu untuk mengujungi jalan tersebut. Disitu saya merasakan seperti ini kehidupan saya yang baru sehingga fikiran saya lega melupakan akan semua tugas dan kesibukan selama di perkuliahan. Di Jalan Malioboro saya dan beberapa teman saya menikmati malam pertama saya dengan makan dan minum-minum ditepi jalan malioboro, salah satu yang menjadi malioboro dikenal banyak orang yaitu banyak para pedagang nasi yang disebut angkringan. Dengan hidangan angkringan yang apa adanya dan termasuk makanan tradisional merupakan hal yang paling jarang dirasakan selama di Jakarta. Hal ini menjadi nilai plus bagi saya dan teman saya bisa merasakan liburan bersama di jogja. Disitu kami memesan banyak makanan dan minuman, minuman yang sangat saya senangi adalah kopi joss dimana kopi hitam dicampur dengan arang sisa pembakaran kayu dan juga makanan khas jogja yaitu gudeg, rasanya memang tiada duanya apalagi dinikmati dengan suasana keasrian jogja yang begitu mempesona.

        Seiring dengan berjalannya waktu, hari semakin larut malam saya dan beberapa teman saya berniat untuk pulang ke kosan teman saya, rasanya memang tiada puasnya untuk berlama-lama di jalan malioboro sungguh merupakan hari pertama yang sangat berkesan di hati saya, tidak bisa membayangkan untuk keesokan harinya lagi bagaimana perasaan saya. Sesampai di kosan saya dan teman saya langsung beristirahat untuk menghapus rasa lelah yang ada. Keesokan harinya, pagi itu dimana kami semua sudah bangun dan tidak lupa mandi kami langsung bergegas untuk rencana yaitu mengunjungi tempat wisata yang ada di selatan jogja yaitu daerah gunung kidul tepatnya daerah wonosari disitu terdapat pantai yang begitu sangat mempesona keindahan lautnya. Dengan mengendarai sepeda motor, saya dan beberapa teman saya menuju ketempat tujuan yakni pantai indrayanti. Sesampai disitu tidak lupa kami berpose untuk foto-foto layaknya seorang turis atau model yang baru pertama kali mengijakkan kaki kami di pantai tersebut, setelah sekian lama menikmati pantai dan berfoto bersama teman-teman saya kami sudah merasa kelelahan tapi perasaan hati yang begitu senangnya menutupi rasa lelah itu semua. Sepulang dari pantai kami tidak lupa berkunjung ketempat yang dimana orang bilang merupakan banyak bintang yaitu bukit bintang yang rupanya merupakan sinar lampu dari kota jogja yang terlihat dari atas bukit dimana kami berdiri tepat untuk menikmati keindahan kota jogja dari atas bukit. Dari semua yang saya rasakan selama liburan dikota jogja hati saya sanggat lega dan bahagia.

        Disini saya hanya menceritakan secara ringkas mengenai liburan saya di jogja, waktu tak terasa semakin cepat berlalu sudah berhari-hari kami berada di kota jogja sungguh suatu pengalaman yang luar biasa yang saya alami bersama saya dan beberapa teman saya. Tiba dimana kami sudah 1 minggu berada di kota jogja waktu untuk liburan sudah habis saya dan teman saya untuk kembali lagi kekota Jakarta untuk menjalankan tugas sebagai mahasiswa. Tidak lupa saya selalu membawa oleh-oleh jika pergi berlibur kesuatu kota untuk para kerabat dan saudara saya yang ada dijakarta yaitu oleh-oleh khas jogja. Rasanya waktu begitu cepat berlalu dan keesokan harinya kami kembali kestasiun lempuyangan untuk kembali ke kota stasiun yang ada di Jakarta. Dan Alhamdulillah kami telah tiba di Jakarta dengan selamat membawa hal baru dalam hidup saya selama saya berlibur di kota jogja. Demikian sedikit cerita saya selama saya berlibur di kota Yogyakarta lebih dan kurangnya cerita saya, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih J

Selasa, 26 Maret 2013

Dampak Bermain Game Online atau PS


Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi saat ini membuat para pengguna komputer atau internet mengisi waktunya dengan bermain game ditambah semakin majunya teknologi yang ada banyak game yang telah dibuat oleh para master pembuat game baik game online maupun game offline bisa juga disebut ps (playstation).

Berikut ini adalah pengertian dan definisi game menurut beberapa ahli:
# JOHN C BECK & MITCHELL WADE
Game adalah penarik perhatian yang telah terbukti
Game adalah lingkungan pelatihan yang baik bagi dunia nyata dalam organisasi yang menuntut pemecahan masalah secara kolaborasi
 # IVAN C. SIBERO
Game merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan dinikmati para pengguna media elektronik saat ini.
 # FAUZI A
Game merupakan suatu bentuk hiburan yang seringkali dijadikan sebagai penyegar pikiran dari rasa penat yang disebabkan  oleh aktivitas dan rutinitas kita. (http://carapedia.com)

Disini saya akan menjelaskan sedikit dampak yang dihasilkan dari penggunaan game tersebut.

Dampak Positif :
1. Setiap game memiliki tingkat kesulitan/Level yang berbeda. Umumnya permainan ini dilengkapi pernak-pernik senjata, amunisi, karakter dan peta permainan yang berbeda. Untuk menyelesaikan level atau mengalahkan musuh secara efisien diperlukan strategi. Permainan game online akan melatih pemainnya untuk dapat memenangkan permainan dengan cepat, efisien dan menghasilkan lebih banyak poin.

2. Meningkatkan konsentrasi. Kemampuan konsentrasi pemain game online akan meningkat karena mereka harus menyelesaikan beberapa tugas, mecari celah yang mungkin bisa dilewati dan memonitor jalannya permainan. Semakin sulit sebuah game maka semakin diperlukan tingkat konsentrasi yang tinggi.

3. Meningkatkan koordinasi tangan dan mata. Penelitian yang dilakukan di Manchester University dan Central Lanchashire University menyatakan bahwa orang yang bermain game 18 jam seminggu atau sekita dua setengah jam perhari dapat meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan

4. meningkatkan kemampuan membacaPsikolog dari Finland Univesity menyatakan bahwa game meningkatkan kemampuan membaca pada anak-anak. Jadi pendapat yang menyatakan bahwa jenis permainan ini menurunkan tingkat minat baca anak sangat tidak beralasan.

5. Meningkatkan kemampuan berbahasa inggrisSebuah studi menemukan bahwa gamers mempunyai skil berbahasa inggris yang lebih baik meskipun tidak mengambil kursus pada masa sekolah maupun kuliah. Ini karena banyak alur cerita yang diceritakan dalam bahasa inggris dan kadang kala mereka chat dengan pemain lain dari berbagai negara

6. Meningkatkan pengetahuan tentang komputeruntuk dapat menikmati permainan dengan nyaman dan kualitas gambar yang prima seorang peman game online akan berusaha mencari informasi tentang spesifikasi komputer dan koneksi internet yang dapat digunakan untuk memainkan game tersebut. Karena pengguna komputer aktif biasanya mereka juga akan belajar troubleshooting komputer dan overclocking.

7. Meningkatkan kemampuan mengetikKemampuan mengetik sudah pasti meningkat karena mereka menggunakan keyboard dan mouse untuk mengendalikan permainan.

Dampak Negatif :
1. Menimbulkan adiksi (Kecanduan) yang kuat
        Sebagian besar game yang beredar saat ini memang didesain supaya menimbulkan kecanduan para pemainnya. semakin seseorang kecanduan pada suatu game maka pembuat game semakin diuntungkan karena peningkatan pembelian gold/tool/karakter dan sejenisnya semakin meningkat. Tapi keuntungan produsen ini justru menghasilkan dampak yang buruk bagi kesehatan psikologis pemain game.

2. Mendorong melakukan hal-hal negatif
     Walaupun jumlahnya tidak banyak tetapi cukup sering kita menemukan kasus pemain game online yang berusaha mencuri ID pemain lain dengan berbagai cara. Kemudian mengambil uang didalamnya atau melucuti perlengkapannya yang mahal-mahal. Kegiatan mencuri ID ini biasanya juga berlanjut pada pencurian akun lain seperti facebook, email dengan menggunakan keylogger, software cracking dll.Bentuk pencurian ini tidak hanya terbatas pada pencurian id dan password tetapi juga bisa menimbulkan pencurian uang – meskipun biasanya tidak banyak (dari uang SPP misalnya) dan pencurian waktu, misalnya membolos sekolah demi bermain game.

3. Berbicara kasar dan kotor
       Entah ini terjadi di seluruh dunia atau hanya Indonesia tetapi sejauh yang penulis temui di warnet-warnet diberbagai kota. Para pemain game online sering mengucapkan kata-kata kotor dan kasar saat bermain di warnet atau game center.kasar pada orang tua atau membantah

4. Terbengkalainya kegiatan di dunia nyata
     Keterikatan pada waktu penyelesaian tugas di game dan rasa asik memainkannya seringkali membuat berbagai kegiatan terbengkalai. Waktu beribadah, tugas sekolah, tugas kuliah ataupun perkerjaan menjadi terbengkalai karena bermain game atau memikirkannya. Apalagi banyak permainan yang terus berjalan meskipun kita sudah offline.

5. Perubahan pola makan dan istirahat
     Pernah mengalaminya? Perubahan pola istirahat dan pola makan sudah jamak terjadi pada gamers karena menurunnya kontrol diri. Waktu makan menjadi tidak teratur dan mereka sering tidur pagi demi mendapat happy hour (internet murah pada malam-pagi hari)

6. Pemborosan
     Uang untuk membayar sewa komputer di warnet dan membeli gold/poin/karakter kadangkala nilainya bisa mencapai jutaan rupiah. Belum lagi koneksi internet, dan upgrade spesifikasi komputer dirumah.

7. Mengganggu kesehatan
     Duduk terus menerus didepan komputer selama berjam-jam jelas menimbulkan dampak negatif bagi tubuh. (http://haztak21.blogspot.com)

Kamis, 21 Maret 2013

Mengatasi Rasa Jenuh Saat Mengikuti Perkuliahan

Mungkin sudah menjadi suatu sifat manusia, bahwa rasa bosan selalu muncul manakala menghadapi situasi yang monoton. Mungkin lebih tepat disebut sebagai "rasa jenuh". Demikian juga bila kuingat-ingat selama hidup ku ini situasi apa saja yang pernah membuatku merasa jenuh/bosan. Ternyata sangat bervariasi tergantung situasinya.Rasa bosan dan kantuk adalah masalah yang wajar dalam menjalani perkuliahan, hal itu tidak hanya disebabkan oleh faktor pengajar tetapi juga oleh diri kita sendiri sebagai mahasiswa.

Untuk menghadapi dosen yang membosankan, hal yang paling utama untuk dilakukan adalah berusaha menyukai dosen tersebut bagaimanapun keadaannya. Caranya:

1. Selalu berpikir bahwa tidak ada dosen lain yang bisa mengajarkan anda mata kuliah tersebut selain Beliau.

2. Selalu memotivasi diri untuk mendapat nilai terbaik.

3. Lihat teman yang memiliki kemampuan lebih baik dan yakinkan pada diri anda kalau anda tidak akan kalah darinya.

4. Pikirkan bahwa kesempatan untuk mengikuti kuliah ini belum tentu datang lagi, jadi mau atau tidak anda harus menghilangkan rasa bosan tersebut.

Untuk menghilangkan rasa jenuh dan ngantuk saat mengikuti perkuliahan dosen yang membosankan:

1. Cuci muka sebelum perkuliahan dimulai.

2. Makan permen penghilang rasa ngantuk.

3. Duduk dibaris paling depan.

4. Perhatikan dosen baik-baik dan catat materi yang disampaikan.

Jadi, yang harus kita lakukan untuk menjadi mahasiswa yang baik saat berada di kelas adalah menghindari masalah tersebut dengan cara menyadari bahwa ilmu yang akan kita dapatkan itu sangat berharga.

Selasa, 19 Maret 2013

Peran Teknologi Informasi Bagi Mahasiswa



Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani.

Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita bisnis, dan asosiasi profesi. Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu dengan pribadi atau kelompok yanglainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi,ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar pikiran. Perkembangan Teknologi Informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang ini sedang semarak denganberbagai huruf yang dimulai dengan awalan E seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.

Peran Teknologi Informasi
 
Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya. Teknologi informasi banyak berperan dalam bidang-bidang antara lain : Bidang pendidikan ( e-education ). Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya, melihat nilai mahasiswa secara online ,mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan berkas tugas yang diberikan dosen dan sebagainya, semuanya itu sudah dapat dilakukan.

Faktor utama dalam distance learning yang selama ini dianggap masalaha dalah tidak adanya interaksi antara dosen dan mahasiswanya. Namun demikian, dengan media internet sangat dimungkinkan untuk melakukan interaksi antara dosen dan siswa baik dalam bentuk real time (waktu nyata)atau tidak. Dalam bentuk real time dapat dilakukan misalnya dalam suatu chatroom, interaksi langsung dengan real audio atau real video, dan online meeting. Yang tidak real time bisa dilakukan dengan mailing list, discussion group, newsgroup, dan buletin board .Dengan cara di atas interaksi dosen dan mahasiswa di kelas mungkin akan tergantikan walaupun tidak 100%. Bentuk-bentuk materi, ujian, kuis dan cara pendidikan lainnya dapat juga diimplementasikan ke dalam web, seperti materi dosen dibuat dalam bentu kpresentasi di web dan dapat di download oleh siswa. Demikian pula dengan ujian dan kuis yang dibuat oleh dosen dapat pula dilakukan dengan cara yang sama. Penyelesaian administrasi juga dapat diselesaikan langsung dalam satu proses registrasi saja, apalagi di dukung dengan metode pembayaran online. Suatu pendidikan jarak jauh berbasis web antara lain harus memiliki unsur sebagai berikut:

(1) Pusat kegiatan siswa;
sebagai suatu community web based distance learning harus mampu menjadikan sarana ini sebagai tempat kegiatan mahasiswa, dimana mahasiswa dapat menambah kemampuan, membaca materi kuliah, mencari informasi dan sebagainya.

(2) Interaksi dalam grup;
Para mahasiswa dapat berinteraksi satu sama lain untuk mendiskusikan materi-materi yang diberikan dosen. Dosen dapat hadir dalam group ini untuk memberikan sedikit ulasan tentang materi yang diberikannya. 

(3) Sistem administrasi mahasiswa;
Dimana para mahasiswa dapat melihat informasi mengenai status mahasiswa, prestasi mahasiswa dan sebagainya.

(4) Pendalaman materi dan ujian; Biasanya dosen sering mengadakan quis singkat dan tugas yang bertujuan untuk pendalaman dari apa yang telah diajarkan serta melakukan test pada akhir masa belajar. Hal ini juga harusdapat diantisipasi oleh web based distance learning.

Senin, 18 Maret 2013

Jejaring Sosial

Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
 
Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.


Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya (Artikel Wikipedia)

Menurut saya, jejaring sosial adalah suatu media atau jaringan yang sangat luas yang dapat kita gunakan untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dengan orang banyak.


Ada banyak situs jejaring sosial yang kita kenal selama ini, yaitu :
1. Facebook
2. Twitter
3. LINE
4. Google Plus (Google +)
5. Foursquare
6. dll

Dibalik maraknya jejaring sosial yang ada di jaman sekarang ini untuk berbagi informasi dan komunikasi terdapat banyak manfaat yang bisa di dapatkan dan ada juga kerugian yang didapat, antara lain :


Manfaat dari jejaring sosial :

Berbicara soal manfaat jejaring sosial, menurut saya manfaatnya sangat banyak untuk mereka yang menggunakannya dengan bijak misalnya, dengan menggunakan facebook sebagai media untuk memperluas perkenalan dengan siapa saja yang kita ingin kenal atau bersilaturahmi, memanfaatkannya untuk mengetahui informasi terbaru, alat untuk berkomunikasi ataupun dijadikan sebagai media untuk melakukan promosi secara gratis.


Kerugian dari jejaring sosial :

Disetiap ada kelebihan pasti ada juga kekurangannya, demikian pula halnya dengan jejaring sosial. Jika kita tidak menggunakan jejaring sosial dengan bijak mungkin kita juga akan merasakan dampak negatifnya. Seperti yang telah kita ketahui misalnya, dijadikan alat untuk penculikan, dijadikan untuk berjudi secara online dan masih banyak lagi.


Cara aman menggunakan jejaring sosial :

1. Atur privasi anda, maksudnya jangan menampilkan informasi atau data diri anda secara lengkap, misalnya memajang no Hp, alamat rumah dsb.

2. Walaupun pihak mereka meminta agar kita menggunakan identitas diri kita yang sebenarnya, tapi saran saya jangan sesekali menampilkan data sedetail-detailnya tentang diri anda, misalnya jangan mencantumkan alamat rumah, no hp dsb.

3. Selalu logout akun kita terlebih dahulu sebelum kita berhenti menggunakan jejaring sosial, tujuannya yang itu untuk mencegah pengguna yang tak bertanggung jawab.

Sabtu, 16 Maret 2013

Pengalaman Membangun Sistem Informasi

Disini saya akan menceritakan pengalaman saat pertama kali dalam membangun sistem informasi. Sistem informasi adalah sistem yang menyediakan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya dan menghasilkan informasi yang  akurat serta relevan. Pengalaman saya ini saya dapat ketika saya mengikuti kursus, kursus yang saya ikuti yaitu MIDlet J2ME (Java2 Micro Edition). Banyak aplikasi yang bisa dibuat oleh bahasa pemrograman java. Pada saat itu saya membuat program sederhana berupa aplikasi game.

           Pada pembuatan program game sederhana, saya dibantu oleh para tutor yang mengajar. Pembuatan program game tersebut dibutuhkan aplikasi Wireless Toolkit 2.5.1. Aplikasi tersebut hanya diperlukan untuk pembuatan aplikasi hp yang berbasis java. Disini saya akan menjelaskan sedikit pengalaman saya dalam membangun sistem informasi.

Sebelum masuk ke langkah-langkah pembuatan Aplikasi game ini, saya akan menunjukan tampilan akhir dari game yang akan kita buat ini, hasilnya adalah sebagai berikut :
Setelah mengetahui hasil akhir dari program tersebut, maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan ,yaitu:
Background yang dibuat 2 kali dari tinggi layar yang berfungsi sebagai langit yang disimpan dengan nama daratan.gif


file music yang berupa format wav (digunakan untuk suara pada saat pesawat meledak dan music pada background) yang terdiri dari explode.wav dan background.wav

Setelah semua yang harus disiapkan selesai, maka untuk langkah-langkah pembuatannya, adalah sebagai berikut :

Langkah pertama yang akan dilakukan adalah membuat sebuah MIDlet untuk menampilkan berbagai tipe choice dan implementasinya pada List. langkah yang di lakukan pertama kali yaitu :
membuka aplikasi Wireless Toolkit 2.5.1 pada komputer. Setelah masuk ke dalam aplikasi Wireless Toolkit 2.5.1, lalu klik pada menu new project seperti pada gambar berikut :
Setelah itu isi pada “Project name” dan “MIDlet name” dengan nama PlaneSpace:
Selanjutnya pada “API Selection”, pilih JTWI pada Target Platform, setelah itu OK:
Setelah selesai dalam pembuatan project baru, selanjutnya silahkan buka notepad, kita akan membuat kelas Plane Space.java dan kelas Play.java, source code dari masing-masing kelas adalah sebagai berikut :

Class PlaneSpace.java:

import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
import javax.microedition.media.*;
import javax.microedition.media.control.*;
public class PlaneSpace     extends MIDlet implements PlayerListener {
private Play play;
private Display display;
private static Player player;
private VolumeControl vc;
public PlaneSpace() {
display = Display.getDisplay(this);
}
public void startApp() {
try {
playMedia(“background.wav”);
} catch (Exception e) {
e.printStackTrace();
}
play = new Play(this, display, player);
play.setFullScreenMode(true);
display.setCurrent(play);
new Thread(play).start();
}
public void pauseApp() {}
public void destroyApp(boolean unconditional) {
if(player != null){
player.close();
}
}
public void exitMIDlet() {
destroyApp(false);
notifyDestroyed();
}
private void playMedia(String file)
throws Exception {
player = Manager.createPlayer(getClass().getResourceAsStream(file), “audio/x-wav”);
player.addPlayerListener(this);
player.setLoopCount(-1);
player.prefetch();
player.realize();
vc = (VolumeControl)player.getControl(“VolumeControl”);
if (vc != null)
vc.setLevel(30);
player.start();
}
public void playerUpdate(Player player, String event, Object eventData) {
if(event.equals(PlayerListener.STARTED) &&
new Long(0L).equals((Long)eventData)) {
} else if(event.equals(PlayerListener.CLOSED)) {
}
}
};
Class Play.java

import javax.microedition.lcdui.*;
import javax.microedition.io.*;
import javax.microedition.media.*;
import javax.microedition.media.control.*;
import java.io.*;
import java.util.Random;

class Play extends Canvas implements CommandListener, Runnable, PlayerListener {
private PlaneSpace midlet;
private Display display;
private Command cmExit;
private int y = 0;
private int px = 76;
private int py = 180;
private boolean yes = true;
private String bgImgN = “/daratan.gif”;
private Image bgImg = null;
private int randRange = 20;
private int[] bombX = new int[randRange];
private int[] bombY = new int[randRange];
private int xScreen = 176;
private int yScreen = 208;
private int ySkyEdge = 500;
private int hplane = 23;
private int wplane = 21;
private int bombAmount = 0;
private int whbomb = 15;
private boolean first = true;
private int minIndex = 0;
private Random random;
private boolean gameover = false;
private Player player;
private VolumeControl vc;
private int gauge = 1000;
public Play(PlaneSpace midlet, Display display, Player player) {
random = new Random();
this.midlet = midlet;
this.display = display;
this.player = player;
cmExit = new Command(“Keluar”, Command.OK, 1);
addCommand(cmExit);
setCommandListener(this);
try {
bgImg = Image.createImage(bgImgN);
} catch (java.io.IOException e) {
}
}
protected void paint(Graphics g) {
g.setClip(0,0,xScreen,yScreen);
g.drawImage(bgImg,0,-y,Graphics.TOP|Graphics.LEFT);
g.setColor(255, 255, 255);
g.fillRect(5, 5, 105, 10);
int tmp = gauge;
if(gauge > 1000){
tmp = 100;
}else{
tmp = (int)((gauge * 100) / 1000);
}
g.setColor(0, 0, 0);
g.fillRect(5, 5, (tmp + 5), 10);
if(gameover == true){
g.setColor(254, 22, 57);
g.setFont(Font.getFont(Font.FACE_PROPORTIONAL,Font.STYLE_BOLD,Font.SIZE_LARGE));
g.drawString(“Game Over”,40,((yScreen / 2) – 30), Graphics.TOP | Graphics.LEFT);
g.drawString(“anda belum beruntung”,3,((yScreen / 2) – 15), Graphics.TOP | Graphics.LEFT);
g.drawString(“Tugas Mobile”,33,((yScreen / 2) – 0), Graphics.TOP| Graphics.LEFT);
g.drawString(“computing”,40,((yScreen / 2) + 15), Graphics.TOP | Graphics.LEFT);
}
int xpic;
int ypic;
if((shooted() == true)||(gauge <= 0)){
gameover = true;
g.setClip((px – 2),(py – 2),35,35);
xpic = 110;
ypic = 500;
g.drawImage(bgImg,(px – 2) – xpic,-(ypic – (py – 2)),Graphics.TOP|Graphics.LEFT);
}else{
if((bombY[minIndex] >= (yScreen – 15))||(first == true)){
generateBomb();
if(first == true){
first = false;
}
}else{
    for(int i=0;i<bombAmount;i++) {
    bombY[i]++;
    if(bombY[i] > yScreen){
    gauge = gauge + 3;
    }
    }
    }
    xpic = 77;
    ypic = 509;
    for(int i=0;i<bombAmount;i++) {
    if(bombY[i] <= (yScreen – 25)){
    g.setClip(bombX[i],bombY[i],whbomb,whbomb);
    g.drawImage(bgImg,bombX[i] – xpic,-(ypic – bombY[i]),Graphics.TOP|Graphics.LEFT);
    }
    }
    g.setClip(px,py,hplane,wplane);
    xpic = 15;
    ypic = 503;
    g.drawImage(bgImg,px – xpic,-(ypic – py),Graphics.TOP|Graphics.LEFT);
    }
    }
    
    protected void keyPressed(int keyCode) {
    switch (keyCode) {
    case -1: // UP
    py = py – 10;
    if(py < 0){
    py = py + 10;
    }
    break;
    case -2: // DOWN
    py = py + 10;
    if(py > (yScreen – hplane)){
    py = py – 10;
    }
    break;
    case -3: // LEFT
    px = px – 10;
    if(px < 0){
    px = px + 10;
    }
    break;
    case -4: // RIGHT
    px = px + 10;
    if(px > (xScreen – wplane)){
    px = px – 10;
    }
    break;
    }
    }
    
    public void commandAction(Command c, Displayable s) {
    if (c == cmExit) {
    yes = false;
    midlet.exitMIDlet();
    }
    }
    
    public void run() {
    while (gameover == false) {
    try {
    synchronized (this) {
    if(y <= 0){
    y = ySkyEdge – yScreen;
    }else{
    y–;
    }
    Thread.sleep(10);
    gauge = gauge – 3;
    repaint();
    }
    } catch (Exception ie) {
    }
    }
    if(gameover == true){
    bombAmount = 0;
    try {
    Thread.sleep(1500);
    player.stop();
    } catch (Exception e) {
    e.printStackTrace();
    }
    }
    }
    
    public void generateBomb(){
    bombAmount = random.nextInt() % randRange;
    if(bombAmount < 1){
    bombAmount = randRange;
    }
    random.setSeed(xScreen);
    for(int i=0;i<bombAmount;i++){
    int xBomb = random.nextInt() % (xScreen – 50);
    int yBomb = random.nextInt() % (yScreen – 25);
    if(xBomb < 0){
    xBomb = xBomb + (xScreen – 50);
    }
    bombX[i] = xBomb;
    bombY[i] = yBomb – (yScreen – 25);
    }
    minIndex = 0;
    int min = bombY[minIndex];
    for(int i=1;i<bombAmount;i++) {
    if(min > bombY[i]){
    min = bombY[i];
    minIndex = i;
    }
    }
    }
    boolean shooted(){
    boolean res = false;
    int i=0;
    while((res == false)&&(i < bombAmount)) {
    if(inPlaneRange(bombX[i], bombY[i]) == true){
    res = true;
    try {
    playMedia(“explode.wav”);
    } catch (Exception e) {
    e.printStackTrace();
    }
    }
    i++;
    }
    return res;
    }
    boolean inPlaneRange(int x, int y){
    boolean res = false;
    if((x >= px)&&(x <= (px + wplane))&&(y >= py)&&(y <= (py + hplane))){
    res = true;
    }
    return res;
    }
    private void playMedia(String file)
    throws Exception {
    player = Manager.createPlayer(getClass().getResourceAsStream(file), “audio/x-wav”);
    player.addPlayerListener(this);
    player.setLoopCount(-1);
    player.prefetch();
    player.realize();
    vc = (VolumeControl)player.getControl(“VolumeControl”);
    if (vc != null)
    vc.setLevel(30);
    player.start();
    }    
    public void playerUpdate(Player player, String event, Object eventData) {
    if(event.equals(PlayerListener.STARTED) &&
    new Long(0L).equals((Long)eventData)) {
} else if(event.equals(PlayerListener.CLOSED)) {
}
}
}

Selanjutnya, setelah source code tersebut di tuliskan di notepad tadi, selanjutanya kedua class yang di buat tadi di simpan pada folder : C:\WTK2.5.1\apps\PlaneSpace\src.

Lalu kembali pada aplikasi Wireless Toolkit 2.5.1, dan pilh Run.maka program game tersebut telah dapat dijalankan

Mainkan permainan dengan tombol up, down, right, left untuk menghindari pesawat dari bom, apabila pesawat berhasil menghindari bom maka gauge akan bertambah dan apabila pesawat terkena bom maka akan Game Over

Demikian lah sedikit cerita saya mengenai pengalaman dalam membangun sistem informasi, lebih kurangnya saya mohon maaf :)