Senin, 18 Maret 2013

Jejaring Sosial

Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
 
Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.


Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya (Artikel Wikipedia)

Menurut saya, jejaring sosial adalah suatu media atau jaringan yang sangat luas yang dapat kita gunakan untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dengan orang banyak.


Ada banyak situs jejaring sosial yang kita kenal selama ini, yaitu :
1. Facebook
2. Twitter
3. LINE
4. Google Plus (Google +)
5. Foursquare
6. dll

Dibalik maraknya jejaring sosial yang ada di jaman sekarang ini untuk berbagi informasi dan komunikasi terdapat banyak manfaat yang bisa di dapatkan dan ada juga kerugian yang didapat, antara lain :


Manfaat dari jejaring sosial :

Berbicara soal manfaat jejaring sosial, menurut saya manfaatnya sangat banyak untuk mereka yang menggunakannya dengan bijak misalnya, dengan menggunakan facebook sebagai media untuk memperluas perkenalan dengan siapa saja yang kita ingin kenal atau bersilaturahmi, memanfaatkannya untuk mengetahui informasi terbaru, alat untuk berkomunikasi ataupun dijadikan sebagai media untuk melakukan promosi secara gratis.


Kerugian dari jejaring sosial :

Disetiap ada kelebihan pasti ada juga kekurangannya, demikian pula halnya dengan jejaring sosial. Jika kita tidak menggunakan jejaring sosial dengan bijak mungkin kita juga akan merasakan dampak negatifnya. Seperti yang telah kita ketahui misalnya, dijadikan alat untuk penculikan, dijadikan untuk berjudi secara online dan masih banyak lagi.


Cara aman menggunakan jejaring sosial :

1. Atur privasi anda, maksudnya jangan menampilkan informasi atau data diri anda secara lengkap, misalnya memajang no Hp, alamat rumah dsb.

2. Walaupun pihak mereka meminta agar kita menggunakan identitas diri kita yang sebenarnya, tapi saran saya jangan sesekali menampilkan data sedetail-detailnya tentang diri anda, misalnya jangan mencantumkan alamat rumah, no hp dsb.

3. Selalu logout akun kita terlebih dahulu sebelum kita berhenti menggunakan jejaring sosial, tujuannya yang itu untuk mencegah pengguna yang tak bertanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar