Rabu, 03 April 2013

7 Puncak Tertinggi di Dunia


Ketinggian--> 8.848 m (Urutan ke-1)
Koordinat--> 27°59′16″LU,86°56′40″BT
Letak--> Perbatasan Nepal–Tibet
Barisan pegunungan--> Himalaya
Pencapai puncak pertama--> 29 Mei 1953 oleh Edmund Hillary dan Tenzing Norgay
Rute pendakian termudah--> South Col (Nepal)

Gunung Everest (bahasa Inggris: Mount Everest) adalah gunung tertinggi di dunia (jika diukur dari paras laut). Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet; puncaknya berada di Tibet. Di Nepal, gunung ini disebut Sagarmatha (सगरमाथा, bahasa Sanskerta untuk "Dahi Langit") dan dalam bahasa Tibet Chomolangma atau Qomolangma ("Bunda Semesta"), dilafalkan dalam bahasa Tionghoa 珠穆朗瑪峰 (pinyin: Zhūmùlǎngmǎ Fēng). Gunung ini mendapatkan nama bahasa Inggrisnya dari nama Sir George Everest. Nama ini diberikan oleh Sir Andrew Waugh, surveyor-general India berkebangsaan Inggris, penerus Everest. Puncak Everest merupakan salah satu dari tujuh puncak di dunia.


Akonkagua merupakan sebuah gunung di Argentina, dekat perbatasan Chili. Gunung ini terletak di bagian barat di negara itu. Gunung ini memiliki ketinggian 6.962 m (22.841 kaki) dan merupakan gunung terbesar di benua Amerika. Tepatnya gunung ini di Provinsi Mendoza.
Orang pertama yang mendaki gunung ini adalah Matthias Zurbriggen pada tahun 1897.





Ketinggian--> 5.895 meter (19.340 kaki)
Lokasi --> Timur laut Tanzania
Koordinat--> 03°04′33″S, 37°21′12″E Geologi
Jenis--> Stratovolcano
Letusan terakhir--> Tidak pernah meletus sepanjang catatan sejarah

Gunung McKinley atau Gunung Denali di Alaska, adalah puncak gunung tertinggi di Amerika Utara dan di Amerika Serikat, dengan ketinggian puncak  20.320 kaki (6.194 m) di atas permukaan laut.Diukur dari daratan ke puncak, Gunung Denali adalah gunung tertinggi di darat Diukur dengan keunggulan topografi, Gunung ini memiliki puncak yang paling menonjol ketiga di dunia setelah Gunung Everest dan Aconcagua.Gunung ini adalah pusat dari Denali National Park and Preserve.
Gunung McKinley adalah gunung pluton granit. yang terbentuk oleh tekanan tektonik sementara pada saat yang sama, erosi telah membuat kepingan batu sedimen di atas dan di sekitar gunung. McKinley memiliki ketinggian puncak 20.320 kaki (6.194m) di atas permukaan laut, sehingga menjadikanya puncak tertinggi di Amerika Utara. Diukur dari dasar ke puncak, juga gunung tertinggi di dunia di darat. McKinley berada di atas sebuah dataran landai dengan ketinggian dari 300 meter (1.000 kaki) dengan 900 meter(3.000 kaki), untuk ketinggian dasar ke puncak dari 5.300 sampai 5.900 meter (17.000 sampai 19.000 kaki).
Gunung McKinley memiliki dua puncak yang signifikan: Puncak bagian selatan adalah yang lebih tinggi dibandingkan dengan puncak bagian utara yang memiliki ketinggian 19.470 kaki (5.934 m) dan menonjol sekitar 1.320kaki (402 m).

Kilimanjaro (bahasa Swahili: kilima, gunung; njaro, bercahaya) atau dulu disebut Kaiser-Wilhelm-Spitze adalah gunung di timur laut Tanzania. Gunung ini adalah gunung tertinggi di dunia yang berdiri bebas, tingginya 4.600 m bila diukur dari kaki gunung.
Puncak Kilimanjaro sekaligus merupakan puncak tertinggi di Afrika, dengan ketinggian 5.895 meter di atas permukaan laut. Gunung ini juga disebut Kilima Dscharo atau Oldoinyo Oibor yang berarti gunung putih dalam bahasa Masai.
Kilimanjaro adalah gunung api strato raksasa yang sekarang tidak aktif, namun memiliki fumarol yang mengeluarkan gas di kawah yang terletak di puncak utama Kibo. Di Tanzania, puncak Kibo dikenal sebagai Puncak Uhuru. Pada tahun 2003, vulkanolog Jerman bernama Volker Lorenz memperkirakan magma cair terdapat di bawah permukaan kawah pada kedalaman 121,9 m (400 kaki).

Ketinggian:4.810 meter (15.780 kaki)
Lokasi:Perancis-Italia
Pegunungan:Pegunungan Alpen
Ketinggian relatif:4697 m
Koordinat:45°55′LU 6°55′BT
Pendakian pertama:8 Agustus 1786 oleh Jacques Balmat dan Michel Paccard
Rute pendakian:pendakian es

Mont Blanc (bahasa Prancis, "Gunung Putih") atau Monte Bianco (bahasa Italia, dengan arti yang sama, juga dikenal sebagai La Dame Blanche (the White Lady)), di pegunungan Alpen Eropa ini adalah gunung tertinggi di Eropa barat. Dengan ketinggian sekitar 4.810 meter (15.780 kaki).
Mont Blanc terletak di sebagian wilayah Perancis dan wilayah Italia, akan tetapi Perancis bersikeras menyatakan bahwa puncak gunung ini berada di dalam area wilayahnya; bahkan di beberapa peta negara Perancis, area gunung ini dimasukkan sepenuhnya ke dalam wilayah negara Perancis. Dalam sebuah konvensi antara Perancis dan Kerajaan Sardinia di Turin (1861), ditetapkan perbatasan di puncak gunung Mont Blanc.Dua kota paling terkenal dekat Mont Blanc adalah Chamonix, Haute-Savoie (Prancis) dan Courmayeur, Valle d'Aosta (Italia).
Pembangunan terowongan Mont Blanc dimulai pada 1957 dan proses pembangunannya selesai pada 1965. Terowongan ini memiliki panjang 11,6 kilometer (7,25 mil), yang menghubungkan dua kota di atas dan merupakan rute transportasi utama jalur trans-Alpine.
Mont Blanc terkenal sebagai tempat untuk kegiatan olah raga mendaki gunung dan ski. Mont Blanc pertama kali didaki pada 8 Agustus 1786 oleh Jacques Balmat dan Michel Paccard; wanita pertama yang mencapai puncaknya adalah Marie Paradis pada 1808.

Vinson Massif (diucapkan / ː mæsi vɪnsən f /) adalah gunung tertinggi di Antartika, tergeletak di Sentinel Range Pegunungan Ellsworth, yang berdiri di atas Ronne Ice Shelf dekat pangkal Semenanjung Antartika. Massif ini terletak sekitar 1.200 kilometer (750 mil) dari Kutub Selatan dan sekitar 21 km (13 mil) panjang dan 13 km (8 mil) lebar. Pada 4892 meter (16.050 kaki) titik tertinggi adalah Gunung Vinson , yang diberi nama pada tahun 2006.
Vinson Massif pertama kali terlihat pada tahun 1958 dan pertama kali naik pada tahun 1966. Sebuah ekspedisi pada tahun 2001 adalah yang pertama untuk mendaki melalui rute Timur, dan juga mengambil pengukuran GPS ketinggian puncak Pada Februari 2010, 700 pendaki telah berusaha untuk mencapai puncak Gunung Vinson.
Massif yang terbentang antara Goodge Kol dan Branscomb Gletser di barat laut, Nimitz gletser dan Gildea Glacier ke barat daya dan selatan, dater gletser dan anak sungai yang Hinkley Glacier ke timur. Bagian tenggara massif yang berakhir pada Hammer Kol, yang bergabung ke Massif Craddock, yang titik tertinggi adalah Gunung Rutford (4.477 meter / 14.688 kaki). Massif ini terdiri dari baik pusat Vinson Dataran tinggi dengan beberapa puncak yang meningkat menjadi lebih dari 4.700 meter (15.400 kaki), dan pegunungan beberapa sisi sebagian besar tren barat daya atau timur laut dari dataran tinggi.
Ketinggian saat ini (4892 m/16, 050 ft) yang dihasilkan dari survei GPS oleh tim 2004 Yayasan Omega yang terdiri Damien Gildea Australia (pemimpin) dan Rodrigo FICA dan Camilo Rada Chile. 1998 Sejak dan terus berlanjut sampai 2007, Omega Foundation telah menempatkan penerima GPS di puncak untuk jangka waktu yang sesuai untuk mendapatkan pembacaan satelit yang akurat.

Cartenz Pyramid, adalah gunung yang sampai kini masih menjadi impian para pendaki gunung di manapun, baik yang pernah menuju kesana maupun yang belum sama sekali. Bila mendengar atau membaca nama itu, akan terlintas dalam pikiran pendaki, sebuah gunung yang penuh tantangan dan petualangan. Gunung gagah yang berada di wilayah Indonesia, yakni di Papua.
Ekspedisi Piramida Cartenz dimulai dari Zebra Wall ( 3.500 m ), nama Zebra ini datang dari motif yang unik seperti kulit Zebra pada dinding batu. Motif ini tentu saja diciptakan ribuan tahun yang lalu.
Dari titik ini ke Cartenz Base Camp akan memakan waktu 3,5 jam dengan berjalan perlahan di tengah - tengah lembah di sekitarnya dinding berbatu - batu. Perjalanan sedikit mudah dengan lumpur dan batu tajam sepanjang jalan. Sebelum memasuki Base Camp Area, Anda akan melewati 3 danau, biasanya disebut danau 1, danau 2 dan danau 3. Danau ini adalah berasal dari hujan dan Glazer. Perjalanan di sini akan lebih sulit.
Anda harus melewati “Pintu angin”; ini adalah pintu gerbang untuk memasuki lembah Base Camp Area. Angin bertiup sangat kuat di sini dan di sini langkah anda perlu sedikit lebih cepat. Setelah itu pendaki melewati daerah datar dengan banyak danau kecil, lalu setelah beberapa saat pendaki akan tiba di Base Camp “Lembah Danau - Danau” ( 4.200 m ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar