Seiring dengan perkembangan
teknologi dan informasi saat ini membuat para pengguna komputer atau internet
mengisi waktunya dengan bermain game ditambah semakin majunya teknologi yang
ada banyak game yang telah dibuat oleh para master pembuat game baik game
online maupun game offline bisa juga disebut ps (playstation).
Berikut
ini adalah pengertian dan definisi game menurut beberapa ahli:
#
JOHN C BECK & MITCHELL WADE
Game
adalah penarik perhatian yang telah terbukti
Game
adalah lingkungan pelatihan yang baik bagi dunia nyata dalam organisasi yang
menuntut pemecahan masalah secara kolaborasi
# IVAN C. SIBERO
Game
merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan dinikmati para pengguna
media elektronik saat ini.
# FAUZI A
Game
merupakan suatu bentuk hiburan yang seringkali dijadikan sebagai penyegar
pikiran dari rasa penat yang disebabkan
oleh aktivitas dan rutinitas kita. (http://carapedia.com)
Disini saya akan
menjelaskan sedikit dampak yang dihasilkan dari penggunaan game tersebut.
Dampak Positif :
1. Setiap game memiliki
tingkat kesulitan/Level yang berbeda. Umumnya permainan ini dilengkapi
pernak-pernik senjata, amunisi, karakter dan peta permainan yang berbeda. Untuk
menyelesaikan level atau mengalahkan musuh secara efisien diperlukan strategi.
Permainan game online akan melatih pemainnya untuk dapat memenangkan permainan
dengan cepat, efisien dan menghasilkan lebih banyak poin.
2. Meningkatkan
konsentrasi. Kemampuan konsentrasi pemain game online akan meningkat karena
mereka harus menyelesaikan beberapa tugas, mecari celah yang mungkin bisa
dilewati dan memonitor jalannya permainan. Semakin sulit sebuah game maka
semakin diperlukan tingkat konsentrasi yang tinggi.
3. Meningkatkan koordinasi
tangan dan mata. Penelitian yang dilakukan di Manchester University dan Central
Lanchashire University menyatakan bahwa orang yang bermain game 18 jam seminggu
atau sekita dua setengah jam perhari dapat meningkatkan koordinasi antara mata
dan tangan
4. meningkatkan kemampuan
membacaPsikolog dari Finland Univesity menyatakan bahwa game meningkatkan
kemampuan membaca pada anak-anak. Jadi pendapat yang menyatakan bahwa jenis
permainan ini menurunkan tingkat minat baca anak sangat tidak beralasan.
5. Meningkatkan kemampuan
berbahasa inggrisSebuah studi menemukan bahwa gamers mempunyai skil berbahasa
inggris yang lebih baik meskipun tidak mengambil kursus pada masa sekolah
maupun kuliah. Ini karena banyak alur cerita yang diceritakan dalam bahasa
inggris dan kadang kala mereka chat dengan pemain lain dari berbagai negara
6. Meningkatkan
pengetahuan tentang komputeruntuk dapat menikmati permainan dengan nyaman dan
kualitas gambar yang prima seorang peman game online akan berusaha mencari
informasi tentang spesifikasi komputer dan koneksi internet yang dapat
digunakan untuk memainkan game tersebut. Karena pengguna komputer aktif
biasanya mereka juga akan belajar troubleshooting komputer dan overclocking.
7. Meningkatkan kemampuan
mengetikKemampuan mengetik sudah pasti meningkat karena mereka menggunakan
keyboard dan mouse untuk mengendalikan permainan.
Dampak Negatif :
1.
Menimbulkan adiksi (Kecanduan) yang kuat
Sebagian besar game yang beredar saat
ini memang didesain supaya menimbulkan kecanduan para pemainnya. semakin
seseorang kecanduan pada suatu game maka pembuat game semakin diuntungkan
karena peningkatan pembelian gold/tool/karakter dan sejenisnya semakin
meningkat. Tapi keuntungan produsen ini justru menghasilkan dampak yang buruk
bagi kesehatan psikologis pemain game.
2.
Mendorong melakukan hal-hal negatif
Walaupun jumlahnya tidak banyak tetapi
cukup sering kita menemukan kasus pemain game online yang berusaha mencuri ID
pemain lain dengan berbagai cara. Kemudian mengambil uang didalamnya atau
melucuti perlengkapannya yang mahal-mahal. Kegiatan mencuri ID ini biasanya
juga berlanjut pada pencurian akun lain seperti facebook, email dengan
menggunakan keylogger, software cracking dll.Bentuk pencurian ini tidak hanya
terbatas pada pencurian id dan password tetapi juga bisa menimbulkan pencurian
uang – meskipun biasanya tidak banyak (dari uang SPP misalnya) dan pencurian
waktu, misalnya membolos sekolah demi bermain game.
3.
Berbicara kasar dan kotor
Entah ini terjadi di seluruh dunia atau
hanya Indonesia tetapi sejauh yang penulis temui di warnet-warnet diberbagai
kota. Para pemain game online sering mengucapkan kata-kata kotor dan kasar saat
bermain di warnet atau game center.kasar pada orang tua atau membantah
4.
Terbengkalainya kegiatan di dunia nyata
Keterikatan pada waktu penyelesaian tugas
di game dan rasa asik memainkannya seringkali membuat berbagai kegiatan
terbengkalai. Waktu beribadah, tugas sekolah, tugas kuliah ataupun perkerjaan
menjadi terbengkalai karena bermain game atau memikirkannya. Apalagi banyak
permainan yang terus berjalan meskipun kita sudah offline.
5.
Perubahan pola makan dan istirahat
Pernah mengalaminya? Perubahan pola
istirahat dan pola makan sudah jamak terjadi pada gamers karena menurunnya
kontrol diri. Waktu makan menjadi tidak teratur dan mereka sering tidur pagi
demi mendapat happy hour (internet murah pada malam-pagi hari)
6.
Pemborosan
Uang untuk membayar sewa komputer di
warnet dan membeli gold/poin/karakter kadangkala nilainya bisa mencapai jutaan
rupiah. Belum lagi koneksi internet, dan upgrade spesifikasi komputer dirumah.
7.
Mengganggu kesehatan
Duduk terus menerus didepan komputer
selama berjam-jam jelas menimbulkan dampak negatif bagi tubuh.
(http://haztak21.blogspot.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar